mengendalikan marah


endalikan Marah Anda Dengan Tips Ini - Setiap orang pasti pernah marah! Kemarahan adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung,tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin.
Rasa marah menjadi suatu perasaan yang dominan secara
perilaku , kognitif , maupun fisiologi sewaktu seseorang membuat pilihan sadar untuk mengambil tindakan untuk menghentikan secara langsung ancaman dari pihak luar.
Dibalik mara itu ternyata ada efek negatifnya bagi kesehatan,Antara lain Stress berkepanjangan,Sakit kepala,dll.

Ada solusi untuk mengontrol supaya anda tidak cepat marah,Berikut tipsnya yang dikutip dari website ciricara.com,Untuk anda :
1. Menarik napas dalam-dalam
Sebelum Anda bereaksi terhadap situasi yang membuat marah,alangkah baiknya untuk diam
sejenak, lalu menarik napas
dalam-dalam . Tariklah napas dalam 10 hitungan. Jika masih kurang berhasil, maka Anda bisa menghindari situasi tersebut yang membuat tegang.
2. Melakukan aktivitas fisik
Aktivitas fisik bisa mengendalikan emosi seseorang, terutama jika emosi itu akan meledak. Jika Anda merasa ingin marah sekali, maka berjalan-jalanlah sejenak atau
berlari. Lakukan aktivitas tersebut sampai membuat Anda tenang dan mengalihkan kemarahan. Ketahuilah bahwa aktivitas fisik bisa mengeluarkan hormon yang bisa membuat seseorang merasa bahagia.
3. Melakukan relaksasi
Pada saat Anda mulai merasa marah, cobalah melakukan relaksasi. Lakukan latihan untuk
menarik napas dalam-dalam,membayangkan hal yang membua senang, dan mengatakan kata yang membuat Anda senang. Selain itu,Anda juga bisa mendengarkan musik, menulis, atau melakukan gerakan yoga.
4. Mencari solusi
Daripada Anda harus melampiaskan kemarahan itu, lebih baik fokus saja pada solusinya. Ingatkan diri Anda bahwa kemarahan tak akan menyelesaikan masalah, bahkan bisa membuatnya jadi lebih
berantakan. Untuk itu, cobalah fokus pada solusi untuk menghindari kemarahan itu.
5. Koreksi diri sendiri
Hal yang membuat marah bukan berarti orang lain yang melakukan hal tersebut, tapi bisa jadi marah tersebut akibat ulah diri sendiri. Untuk itu, cobaah koreksi atau fokus pada diri sendiri dahulu .
6. Menggunakan lelucon
Untuk membuat suasana jadi lebih ringan, Anda bisa memakai humor atau lelucon. Cobalah untuk menahan rasa marah tersebut
dengan menonton atau membaca cerita yang membuat Anda tertawa . Lama-kelamaan rasa marah itu mungkin akan Anda lupakan.

mengendalikan marah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown