Indonesia Urutan 8 Homeless World Cup 2013

Tim Nasional Indonesia harus mengakhiri perjalanannya di Homeless World Cup (HWC) 2013 dengan menempati urutan 8. Mereka kalah adu penalti dari Rumania 7-8 (3-5) dalam penentuan urutan ke-7 di Danau Malta, Poznan, Polandia, Minggu (18/8).

Permainan Indonesia dalam pertandingan terakhir berbeda dengan penampilan sebelum-sebelumnya.

Kiper Ujang Yakub, Niko Pernando, Dimas Saputra Ramadhan, dan Sendi tampil lebih tenang. Meski tertinggal terlebih dahulu, para pemain Indonesia bisa menguasai diri dan akhirnya mengejar ketertinggalaan.

Mereka tertinggal 0-1 sebelum permainan genap berjalan satu menit. Pemain Indonesia bisa menyamakan kedudukan jadi 1-1 lewat Sendi asal Jawa Barat. Meski berkali-kali pemain Indonesia berhasil menyerobot bola, namun Rumania bisa mencetak gol dan meninggalkan Indonesia 2-1 pada menit ke-2.

Memasuki menit ke-3, pemain Rumania kembali menjebloskan bola ke gawang Ujang. Indonesia pun tertinggal 1-3.

Tendangan Nico dan Dimas ke gawang Rumania pada menit ke-4 masih gagal dan belum membuahkan hasil. Kiper Rumania yang tinggi dan panjang jangkauannya berkali-kali berhasil mengaburkan peluang Indonesia.

Pemain Indonesia kembali memperkecil selisih lewat sepakan Nico. Kedudukan sementara 3-2. Memasuki menit ke-5, Rumania meninggalkan Indonesia dengan skor 4-2. Kedua tim saling balas gol hingga turun minum dan kedudukan menjadi 5-3.

Memasuki tujuh menit kedua, Indonesia bisa memasukkan gol, tepatnya pada menit ke-9. Kedudukan menjadi 5-4. Permainan cepat di lapangan tengah membuat kedua tim saling jual beli serangan. Rumania yang lebih cepat mengambil keputusan berhasil menambah golnya jadi 6-4.

Dalam empat menit terakhir, para pemain Indonesia berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan jadi 6-6 lewat Dimas dan Sendi. Karena hasilnya imbang, pertandingan pun harus diselesaikan dengan adu penalti.

Dimas adalah pemain Indonesia yang pertama mengambil penalti dan sukses menyarangkan bola. Pemain Rumania juga sukses mengeksekusinya. Kedudukan jadi 7-7.

Pemain berikutnya dari Rumania bisa membobol gawang Ujang dengan mudah. Kedudukan jadi 8-7. Pemain Indonesia, Nico, yang dikenal sering tersenyum, gagal menuntaskan tugasnya sebagai algojo penalti.

Rumania akhirnya menang dan menempati urutan 7 HWC 2013.

Pelatih Indonesia Bonsu Hasibuan mengatakan, meski kalah penalti, penampilan anak-anak asuhnya sudah jauh lebih baik. "Saya sulit menebak puncak penampilan pemain, tapi permainan anak-anak dengan Rumania sudah mulai tenang. Penyelesaian akhir juga baik," kata Bonsu.

Menurut Bonsu, prestasi ini sudah memenuhi targetnya. "Masalah kita masih ada pemain yang belum bisa memotivasi dirinya. Dia tertekan terus. Seharusnya bisa mendukung pemain lain. Kuncinya di penalti,

Indonesia Urutan 8 Homeless World Cup 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown