Wanita Lebih Lama Capai Orgasme Ketimbang Pria, Apa Sebabnya?

Bukan rahasia lagi jika laki-laki lebih sering dan mudah mencapai orgasme dibanding perempuan. Meski demikian, orgasme yang dialami kaum adam relatif lebih singkat, hanya 5 detik. Sedangkan kaum hawa bisa merasakan kepuasan tersebut hingga 20 detik.

Menurut dr Ferryal Loetan, ASC&T, SpKFR, MKes, pakar rehabilitasi seksual lulusan Universitas Indonesia, durasi setiap orang dalam mengalami orgasme sebenarnya berbeda-beda, sama halnya dengan tanda-tanda orgasme yang berbeda pada setiap orang.

"Bergantung pada tubuhnya masing-masing. Bisa jadi orgasmenya terjadi dalam hitungan detik, bisa juga dalam hitungan menit. Pada laki-laki normal, biasanya ia memang butuh waktu agak lama untuk bisa kembali ke fase awal," terang dokter yang akrab dipanggil dr Ferry ini kepada detikHealth seperti ditulis pada Rabu (18/9/2013).

Memang, perempuan umumnya lebih cepat kembali mengalami orgasme menyusul orgasme awal ketimbang laki-laki. Dengan kata lain, perempuan cenderung lebih mudah mengalami orgasme berulang kali. Namun hal ini cukup ironis jika melihat fakta bahwa perempuan lebih lama atau sulit mencapai orgasme.

"Pada dasarnya perempuan tidak hanya perlu pendekatan fisik, tetapi juga pendekatan secara emosional. Tidak seperti laki-laki yang mudah terangsang dan mencapai orgasme, perempuan butuh waktu lebih untuk benar-benar merasa nyaman dulu," kata seksolog, dr Andri Wanananda, MS.

Lebih jauh lagi, dr Andri yang merupakan staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Jakarta ini menerangkan bahwa untuk membuat seorang perempuan cepat mencapai orgasme, caranya relatif berbeda. Ada perempuan yang terangsang jika disentuh di area leher, namun ada juga yang lebih sensitif payudaranya.

"Namun memang paling banyak (lebih sensitifnya) di area klitoris," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, dr Johannes Soedjono, M.Kes., SpAnd, spesialis andrologi dari Unit Kesehatan Reproduksi/Andrologi RS AL Dr Ramelan, Surabaya menegaskan bahwa komunikasi amat penting agar istri bisa lebih cepat mencapai orgasme. Hal lain yang tak kalah penting adalah foreplay.

"Kuncinya komunikasi, saling bicara dengan pasangan apa yang bisa dilakukan untuk membantu agar bisa mencapai orgasme. Kalau keduanya selalu menutup-nutupi, akan semakin sulit dicapai. Itu sebabnya foreplay selalu dikatakan penting, pada fase ini perempuan biasanya harus bisa dirangsang dengan baik untuk bisa mencapai orgasme," ucap dr Johannes.

Dr Johannes juga menyayangkan laki-laki yang seringkali terlalu terburu-buru, sehingga melewatkan fase foreplay. Yang terjadi kemudian adalah pasangannya tidak mendapat rangsangan dengan baik dan pada akhirnya malah tidak mengalami orgasme sama sekali.

Wanita Lebih Lama Capai Orgasme Ketimbang Pria, Apa Sebabnya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown